Informasi Seputar Dunia Kesehatan, Berita Kesehatan Terbaru, Tips Kesehatan, Blog Kesehatan

Cara Mencegah dan Mengatasi Alergi Makanan

Sebelum membaca informasi dan berita kesehatan di bawah ini, mari kita sebarluaskan informasi dan berita kesehatan terbaru ini kepada semua anggota keluarga, sanak saudara dan juga teman, agar mereka juga sama-sama mengetahui informasi dan berita kesehatan yang tentunya sangat bermanfaat. Cukup dengan: "KLIK" tombol "G+1" ==>

Cara Mencegah dan Mengatasi Alergi Makanan, Apa itu alergi makanan ?

carasehat-alami.com

Alergi makanan adalah respon abnormal tubuh manusia terhadap makanan yang dianggap berbahaya, yang dipicu oleh sistem imun tubuh itu sendiri. Gejala alergi dapat muncul beberapa menit atau bahkan dua jam setelah asupan makanan. Dalam beberapa kasus, gejala alergi bisa tertunda hingga satu atau dua hari kemudian. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas atau reaksi berlebihan tersebut disebut alergen.

Penyebab alergi makanan

Penyebab alergi berbeda antara orang satu dengan yang lainnya, alergi makanan biasanya disebabkan oleh susu sapi, putih telur, gandum, kedelai atau wijen, kacang-kacangan, kacang tanah, almond, biji bunga matahari, ikan, kerang, melon atau coklat. Itu adalah beberapa daftar makanan yang paling sering menjadi penyebab alergi bagi kebanyakan orang.

Gejala dan akibat alergi makanan yang sering dijumpai

  1. Diare (umum).
  2. Sakit perut (umum).
  3. Perut kembung dan kembung (umum).
  4. Pembengkakan wajah (terutama bibir), tangan dan kaki.
  5. Asma, batuk .
  6. Mual dan muntah.
  7. Sakit kepala, migrain.
  8. Pingsan atau pusing.

Kemungkinan komplikasi alergi

  1. Reaksi anafilaksis (kesulitan bernafas, penyimpangan jantung, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba dan keruntuhan).
  2. Reaksi gatal-gatal atau eksim.
  3. Asma bronkial.
  4. Peradangan usus (gejala gastrointestinal).

Cara Mencegah dan Mengatasi Alergi Makanan

Jika anda belum tahu penyebab alergi, coba lakukan diet terhadap makanan yang biasa anda makan dan menimbulkan reaksi selama dua minggu (atau sampai gejala hilang) dan kemudian mencoba makanan kembali lagi satu per satu untuk melihat apakah gejala yang sama kembali. Atau kalau ingin lebih cepat anda bisa melakukan tes kulit untuk mengidentifikasi penyebab alergi makanan, tetapi tidak menutup kemungkinan hasil yang didapat dari identifikasi kulit tidak akurat. Jika sudah mengetahui makanan penyebab alergi anda, sebisa mungkin hindari konsumsinya.

Dibawah ini juga ada beberapa tips langkah meringankan dampak dan pencegahan alergi

1. Konsumsi Vitamin C

Mengkonsumsi buah-buahan seperti berry, brokoli, paprika, dan jeruk. Paprika dingin bisa mencegah sekresi cairan berlebihan dan berguna bagi penderita alergi.

2. Daun Jarak, Jeruk Nipis, Jus Sayuran

Jika akibat yang ditimbulkan dari alergi (termasuk alergi makanan) berupa iritasi, meminum minyak jarak atau daun jarak bisa meringankan iritasinya, pengolahanya bisa dibuat jus buah. Untuk pencegahan dan pengobatan alergi jangka panjang, cobalah untuk rajin mengonsumsi air jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat dan madu, kemudian minum secara rutin di pagi hari ketika perut masih kosong. Jus sayuran lain seperti jus mentimun, jus wortel juga baik dikonsumsi.

3. Gingko Biloba, Jamur Reishi, Jahe, Kayu Manis

Ginko biloba memiliki sifat anti inflamasi, baik juga untuk pengobatan akibat alergi, terutama yang berhubungan dengan pernafasan seperti asma. Begitu juga dengan jamur reishi, jahe dan kayu manis yang dapat membantu meredakan akibat yang ditimbulkan oleh alergi makanan dan alergi lainnya.

Info Alergi Makanan

Anak-anak sering mengalami hipersensitivitas atau respon berlebihan terhadap makanan tertentu pada usia dua sampai empat tahun. Orang dewasa dengan hipersensitivitas terhadap makanan tertentu (terutama susu, ikan, kerang dan kacang-kacangan) biasanya lebih lama menderita alergi atau lebih tetap.

Demikian sedikit informasi mengenai Cara Mencegah dan Mengatasi Alergi Makanan, semoga bermanfaat.

Sekian Informasi Cara Mencegah dan Mengatasi Alergi Makanan Bulan Januari 2017 yang kami hadirkan untuk anda. Di sini terdapat beberapa info-info seputar dunia kesehatan beserta informasi lengkapnya Informasi dan Berita Kesehatan Bulan Januari 2017 lainnya. Silahkan untuk membagikan informasi seputar Dunia Kesehatm terbaru ini dengan "klik" tombol "Share" dibawah untuk dapat membagikan kepada keluarga, sanak saudara dan juga teman yang saat ini membutuhkan Informasi Kesehatan Terbaru. Semoga informasi seputar dunia kesehatan yang di atas dapat bermanfaat dan membantu anda dalam penerapan di kehidupan sehari-hari.


Berlangganan untuk menerima update informasi dan berita kesehatan terbaru 2017 gratis:

Baca Juga Artikel Kesehatan Terkait :



Back To Top